XIAN (2) – TEMBOK BAHASA

Drum Tower

 

Saya gak ngarep semua orang bisa bahasa Inggris. Tapi kalo di tourist information center dan hotel berbintang boleh dong saya ngarep staffnya walo dikit masih mau usaha untuk berbahasa Inggris.

Di Xi’ An, saya nginep di hotel kelas atas, gratisan dari yang ngundang temen saya (diundang jadi pembicara di suatu acara). Nama hotelnya Tang Dynasty West Market Hotel. Lokasinya diluar tembok kota. Saya tanya receptionist hotel bus nomor berapa yang ke pusat kota. Receptionist itu manggil temannya trus mereka diskusi trus temannya dengan bahasa inggis patah-patah menyuruh saya naik taxi. Saya tanya lagi nomor bus yang ke pusat kota. Pertanyaan saya tujukan ke receptionist pertama. Lagi-lagi dia nyuruh temennya untuk ngomong pake bahasa inggris ke saya. Dan lagi-lagi saya disuruh naik taxi. Saya tanya ke receptionist pertama: ‘kenapa kamu gak jelasin langsung ke aku? Aku tau kamu bisa bahasa inggris. Kamu tadi ngomong ke tamu bule pake inggris. Kenapa ke aku kamu harus manggil temenmu?’ Saya keki diperlakuan begitu. Dia minta maaf trus bilang kalo dia lagi melatih temennya yang lagi training. Saya tunjuk badge didadanya sambil ngomong: ‘lhah kamu aja masih pake badge trainee.’ Dia tergagap nyari alasan lain. Saya tinggal pergi.

Saya masuk cafe di lobby hotel itu.
Saya: ‘hot chocolate, please.’
Pelayan: ‘no drink?’
Saya: ‘hot chocolate. A cup of hot chocolate, please.’
Pelayan: ‘oh ok ok… no drink? Ok ok.’
Dia berlalu dan kembali beberapa menit kemudian dengan hanya membawa segelas air putih.

Di depan hotel itu ada tourist information center gede. Saya masuk dicuekin sama 3 staff yang ada disitu padahal saya satu-satunya turis yang masuk situ. Trus saya tanya salah satu staff apa ada peta kota Xi’ An. Dijawab gak ada. Trus saya nanya apa ada brosur tempat wisata. Dijawab gak ada yang endingnya: ‘we don’t have anything for you madam.’

Saya jalan kaki ke arah pusat kota. Trus pas ada cewek muka kuliahan saya tanyai tentang bus yang ke West Road. Xi’ An itu punya sumbu utara-selatan dan barat-timur yang pusatnya di Bell Tower. Nah west road itu jalan besar dari Bell Tower ke arah barat. Di west road yang deket Bell Tower ada Drum Tower (foto). Didekat Drum Tower ada tourist information center yang kata internet menyediakan peta gratis.

Saya masuk tempat itu untuk minta peta. Dikasih begitu saja tanpa ngomong apa-apa. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *