XIAN (3) – MUSLIM QUARTER

 

Di belakang Drum Tower (foto yang saya posted kmaren) ada daerah yang namanya Muslim Quarter. Konon katanya semua penjual di ‘pasar’ ini muslim jadi mungkin makanannya dijamin halal.

*saya pakai kata mungkin karena saya gak paham aturan ke-halal-an (bahan) makanan

Ada berbagai jenis makanan dijual disini. Kue, kacang-kacangan, permen, sate, manisan buah, telur rebus, sampe sambel juga ada. Saya sih cuma ngicip mie yang semangkuk cuma 12 yuan. Porsi setengah. Tapi tetyeeeppp… buat saya ya kebanyakan.

Gak cuma makanan, disini juga melimpah kalo mau belanja oleh-oleh. Soal harga saya perhatikan sama aja ya sama di tempat lain. Saya sih cuma nyuri dengar pembeli lain yang nanya. Jiper saya kalo cuma nanya harga tapi gak beli. Lha 1 jam muter-muter situ saya liat penjual maki-maki pembeli berkali-kali. Yang paling oye sampe lempar kursi segala hahaha…

Kalo masuk ke area ini dari jalan diutara Drum Tower ntar dikiri jalan ada gang. Belok situ, susuri gang sampai ada gang kecil yang belok ke kiri. Nah di gang situ kanan jalan ada toko yang jual pernik-pernik lucu berkualitas tinggi. Kalo gak salah namanya ‘Xi An Things’. Harga memang lebih mehong dari toko lain yang jual oleh-oleh khas made in China. Tapi barang di toko itu unik dan bagus deh. Penjualnya juga ramah banget.

Temen saya bilang pengen beli boneka China buat koleksi. Tapi tiap liat adanya yang kualitas gajel yang lem nya blepotan sana sini. Nah kebetulan di toko itu saya liat sepasang boneka lucuuuu banget.

‘Ce ke se Xi Xi. Ce ke se An An. Xi… An.’ Kata cicik penjual. Trus dia buka HP dan muterin rekaman yang menjelaskan kalo boneka itu di desain oleh desainer toko itu dan menang lomba desain juara 2. Boneka itu pernah jadi oleh-oleh buat PM India Modi dan mantan presideny Prancis Jaques Cirac *mbuh nulisnya

Saya sempet bimbang mau beli boneka itu karena mehong cyynnn… 20 dole sepasang. Tapi cicik penjual nguntit saya terus sambil muterin rekaman itu berulang-ulang. Luluhlah hati saya hahaha…

Resto Mie
Disana banyak banget resto mie. Tempat masaknya didepan resto jadi kita bisa liat dan bisa makin ngiler. Andai perut saya ada lima… saya cobain itu berbagai macam mie. Jangan lupa… makan mie nya di slurup ya…
Ini foto salah satu gang menuju Masjid Besar Xi An. Di Muslim quarter ada masjid tertua di Xi An. Kalo mau kesana harus lewatin gang-gang macam ini. Saya aja bisa nemu karena gak sengaja.

Masuk ke halaman masjid gratis bagi yang mau sholat. Bayar kalo gak salah 25 yuan buat yg mau foto-foto halamannya aja. Saya gak masuk dan gak foto karena menurut sebuah artikel kalo perempuan mesti pake kerudung kalo mau masuk.

Selain masjid ada 2 kuil yang maaf saya bingung itu kuil apa… maksudnya agama apa. Yang 1 sih jelas itu kuil untuk dewa pelindung kota. Masuknya gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *