TRANS MANCHURIA – TRANS SIBERIA RAILWAY (8) – EKSKURSI DI OLKHON ISLAND

The Mighty Marshrutka

 

 

Pagi pertama di Olkhon Island 🙂 dan saya berhasil bangun dan langsung mandi. Suatu hal yang sangat jarang terjadi di waktu libur. Thomas dan saya rencananya hanya akan jalan-jalan seputar Khuzir tapi untung waktu di kantin kami bertemu teman-teman seperjalanan dari Irkutsk. Mereka dengar Nikita’s guesthouse ada program ekskursi sehari di seputar Olkhon Island tapi mereka tidak tahu detailnya.

Awalnya kami semua tidak terlalu berminat untuk ikut ekskursi tapi karena tidak tahu mau apa jadi kami tanya ke receptionist tentang detail program ini. Sebenarnya ada minivan untuk ekskursi yang berangkat pagi hari tapi karena kami keasikan makan pagi dan ngrobrol di kantin jadi kami harus menunggu minivan yang berangkat jam 11 siang.

Receptionist menjelaskan rute ekskursi dan lama perjalanan yaitu sekitar 6 jam. Biayanya 600 Ruble sudah termasuk makan siang. Setelah memastikan kalau kami ber-6 ikut receptionist lalu menelefon sopir minivan. Setelah itu dia menghilang jadinya kami harus menunggu sambil sering-sering ngecek kalau minivan nya datang.

 

Jam 11 lebih kami dijemput. Di minivan (yang ternyata Marshrutka) sudah ada 3 orang penumpang orang Russia. Jadi total penumpang 9 orang, pas sekali jadi tidak perlu desak-desakan. Kami tidak bisa langsung berangkat karena 2 teman yang dari Irlandia masih berkutat di kamar mereka. Rupanya yang perempuan perlu waktu lebih untuk dandan hehehe… Saya kaget sekali melihat backpacker dandan lengkap dengan maskara dan bandana rajut 🙂 Walaupun teman kami itu penampilannya cewek banget tapi dia tidak manja. Saya tidak pernah dengar dia mengeluh walaupun harus jalan jauh nggendong backpacknya yang super besar itu.

Setelah semua siap berangkatlah kami menuju pemberhentian pertama. Saya tidak tahu nama tempat ini. Sebenarnya rute dan nama tempat yang akan dikunjungi sudah dijelaskan oleh receptionist tapi saya tidak memperhatikan. Tidak penting juga hehehe… karena semua tempat TOP BGT!! pemandangannya amazing!

 

Berikut foto-fotonya 🙂

 

Ilya. Sopir yang sangat paham medan.

Sebagian jalan yang kami lalui seperti di foto ini. Jadi acara ini saya kira tidak untuk ibu hamil 🙂

 

Di pemberhentian kedua kami diberitahu Ilya untuk jalan ke arah hutan pinus setelah puas melihat-lihat pemandangan Lake Baikal. Foto dibawah ini adalah Thomas yang sudah tidak sabar untuk makan siang 🙂

 

Makan siang kali ini ternyata ala camping dan Ilya yang jadi juru masaknya.

Menu makan siang: ikan Omul rebus dengan kentang dan beras (direbus bareng ikan!!)

Setelah makan siang kami melanjutkan perjalanan ke pemberhentian ketiga dan keempat.

Masih ingat cerita saya tentang sopir marshrutka yang berhenti di jalan dan melemparkan uang koin? Di beberapa tempat di tepi Lake Baikal juga ada tempat-tempat untuk pemujaan/ persembahan (?) aduh saya tidak tahu kata yang tepat untuk ini 🙂 Selain uang koin ada juga yang menalikan potongan kain di batang pohon seperti foto diatas.
Hari sudah sore. Kami diantar kembali ke Nikita’s guesthouse jam 5 sore lebih sedikit. Setelah istirahat sebentar Thomas dan saya keluar lagi untuk jalan-jalan di sekitar Khuzir. Ceritanya menyusul ya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *