TAK KAN LARI HIMALAYA DIKEJAR (2) – RUTE

peta dari guide buat kenang-kenangan

 

RUTE.

ada 2 rute terkenal yaitu Everest Base Camp (EBC) dan Annapurna Base Camp (ABC). Selain itu masih banyak rute lain. Saya pilih EBC karena konon katanya pemandangannya yang paling oye. Eh lihat malah foto-foto Gokyo-nya mas Adi yang ajegile indahnya.

Ngiler deh… masukin Gokyo kedalam angan. Dalam angan dulu yes… karena dari EBC mau ke Gokyo mesti lewat Cho La Pass yang kesohor susah medannya. Sebagai bidadari yang biasa jalan-jalan cantik turun naik escalator mall saya mesti tau diri. Mampu gak ya sekalian Gokyo????

Atas saran teh Echi saya bilang ke agen tur buat hire guide harian aja. Minimal 14 hari buat rute EBC dan kalo fisik ok saya tinggal nambah buat ke Gokyo. Nah agennya yang baek banget itu ok aja sama permintaan saya. Oya saya dapet kontak agen ini juga dari mas Adi. Puasssss banget deh ma servicenya. Makasih ya mas Adi

Long story short saya cuma bayar ke agen 14 x 25usd buat jasa guide. Trus hari-hari tambahannya bayar langsung ke guidenya.

Atas rekomendasi kakak Sylvia saya minta guide yang namanya mr Dewan. Malang tak bisa ditolak *halah! Sayang sekali istrinya sakit jadi saya akhirnya ditemenin guide lain. Namanya Chakra. Ini peta dia yang gambar trus dikasiin ke saya buat kenang-kenangan.

Diawal kami ketemu saya bilang tujuan saya ke EBC, manut dia mau stop dimana dan berapa hari. Cuma hari pertama saya minta dari Lukla langsung ke Monjo dan ntar aklimatisasi di Dingboche bukan di Periche –》 ini semua atas saran teh Echi *thanks banget ya teeeehhhh

Bilangnya sih saya mau manut guide tapi dijalan berubah hahaha… di Namche, lodge nya sediain beberapa buku bacaan ttg EBC. Saya lihat peta ke Ama Dablam Base Camp kok deket. Jadi deh mampir juga kesana.

Niat dari awal mau ke EBC tapi sial anemia menyerang pas di Gorakshep jadi saya putusin turun lagi ke Lobuche dan skip EBC dan Kalapattar. Tapi jadi lewat Cho La Pass ke Gokyo dan baliknya lewat Renjo La Pass juga.

Jadinya rute yang kemarin saya lewati adalah begindang:
Day 1. Dari Kathmandu terbang ke Lukla langsung jalan ke Monjo (di Pakding makan siang doang)
Day 2. Monjo ke Namche Bazaar
Day 3. Namche Bazaar (aklimatisasi)
Day 4. Namche ke Pangboche
Day 5. Pangboche ke Ama Dablam Base Camp balik lagi ke Pangboche
Day 6. Pangboche ke Dingboche
Day 7. Dingboche (aklimatisasi dan naik ke Nagrashon)
Day 8. Dingboche ke Lobuche
Day 9. Lobuche ke Gorakshep balik lagi ke Lobuche (nginep di lodge busuk bikin gak bisa tidur)
Day 10. Lobuche ke Dzongla
Day 11. Dzongla lewat Cho La Pass ke Thangnak
Day 12. Thangnak ke Gokyo lanjut naik Gokyo Ri
Day 13. Gokyo lewat Renjo La Pass ke Lungden
Day 14. Lungden langsung ke Namche Bazaar
Day 15. Namche Bazaar ke Monjo
Day 16. Monjo ke Lukla
Day 17. Lukla terbang balik ke Kathmandu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *