TAK KAN LARI HIMALAYA DIKEJAR (13) – MASIH TENTANG NAMCHE

DAL BHAT POWER 24 HOURS.

udah dari kmarin pengen nyoba makanan khas Nepal. Dal Bhat. Dal itu lentil. Bhat itu nasi. Ragu-ragu karena kuatir gak doyan karinya. Eh jebul beda lhoh sama kari India. Yang ini enaaaakkkkkk…

Dal Bhat ada yang cuma pake sayur, ada juga yang seperti di foto ini chicken dal bhat. Pesen di Himalayan Sherpa Lodge. Enak bingitz. Harga kalo gak salah 600 Npr.

Yang kayak krupuk itu namanya papad. Enakkkkk…

Kalo Dal nya atau sup lentilnya saya gak suka. Tadinyaaaa… karena gak tau cara makannya. Pikir saya dimakan ala londo. Sup tok gitu. Lihat orang-orang kok makannya disiramin ke nasinya. Jebul enak.

 

 

SHOPPING.

Namche juga dikenal sebagai Namche Bazaar karena tiap Jumat dan Sabtu ada pasar kaget di desa ini. Tapi hari-hari lain juga banyak toko-toko yang buka dari pagi sampai malam jadi desa ini kesannya selalu ramai.

Ini foto salah satu toko perlengkapan outdoor di Namche. Kalo ada barang yang kelupaan atau ketinggalan di Kathmandu bisa dibeli disini. Tapi harganya ya lebih mahal dari pada beli di Kathmandu.

Saya beli crampon disini karena pas di Kathmandu dibilang gak bakal butuh crampon. Taunya kalo lewat Cho La Pass mesti lewatin glacier jadi crampon is a must… kalo mau jalannya enak.

Crampon di Kathmandu paling cuma 900 Npr. Di Namche jadi 1500 Npr. Tapi ya bayar saja wong butuh. Lagian apa sih yang mahal buat bidadari kayah rayah?!

 

 

OBAT.

penyakit saya mau dijalan mau dirumah sama aja. Diare. Jadi kmana-mana obat mujarab Po Chai Pills gak pernah ketinggalan.

Nah di Himalaya ada hal lain yang perlu diwaspadai yaitu serangan AMS. Kadang cuma pusing doang sih. Dikit gpp. Minum panadol kalo perlu. Tapi kalo pusing banget dan berlangsung lama (seharian) tiada obat yang lebih mujarab dari pada TURUN. turun ke tempat yang elevasinya lebih rendah.

Di Kathmandu saya nyari panadol gak nemu. Di Namche stock abis. Ditawarin obat merek lain yang mengandung paracetamol. Saya gak yakin. Gak beli. Ditawarin diamox yang katanya mujarab buat menangkal AMS. Saya ogah. Lha gimana… diamox itu diminum tiap hari je. Ada gejala ato gak tetep harus minum.

Saya mutusin untuk gak beli obat apapun. Jaga aja jangan sampe pusing… jangan sampe kena AMS.

*Puji Tuhan selama perjalanan gak butuh obat pusing

LOMPAT TALI.

saya jalan aja dikit-dikit brenti buat istirahat. Anak-anak ini malah lompat tali.

DUIT.

Lupa nuker duit? Ato kurang mata uang lokal? Di Namche ada bank, ATM, dan money changer. Ratenya sedikit lebih rendah dari money changer di Kathmandu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *