SLOVENIA – BLED TO NOVA GORICA

Dari Kranska Gora saya balik ke Bled. nginap semalam di hostel dekat danau. rencananya dari Bled saya akan naik kereta ke Nova Gorica, kota di perbatasan dengan Italia.

Seperti biasa saya pelajari jalan dari hostel menuju stasiun kereta. di peta keliatan dekat karena kontur Tanah gak keliatan. saya putuskan patungan dengan 3 teman hostel untuk pesan taxi lewat hostel.

pagi-pagi kami lihat ada sedan Mercedes silver di depan hostel. yang nyetir perempuan cantik.

‘are you guys going to the train station?’

ternyata itu taxi kami hahaha… biayanya 10 Euro dibagi 4. mayan lah dari pada pagi-pagi ngesot sambil gendong ransel.

oh btw stasiun kereta yang saya ceritakan ini yang namanya Bled Jezero atau stasiun danau Bled. bukan stasiun Bled yang letaknya agak jauh dari pusat kota. bisa juga sih naik kereta ke Nova Gorica dari stasiun Bled tapi ntar keretanya muter dulu ke utara trus stop di Bled Jezero.

stasiun Bled Jezero sebenernya lumayan besar. rel nya kalo gak salah ada 2 tracks. begitu masuk pintu gedung stasiun langsung bisa lihat loket untuk beli karcis. lupa saya berapa karcis dari Bled Jezero ke Nova Gorica. petugas di loket bapak sepuh yang murah senyum. tuaan dikit mirip banget deh sama Santa Claus.

setelah dapat karcis kami menunggu di peron sambil foto-foto di rel. yup… di rel!

saya baru sadar kalo uang kembalian dari bapak Santa tadi kelebihan. pas saya balik ke loket si bapak lagi ganti jaket dengan jas dan topi yang kayak masinis. ternyata bo… dia itu one man show. selain jaga loket karcis dia juga jadi petugas yg atur kedatangan dan keberangkatan kereta (yang pake papan bunder merah itu lho).

pas bapak Santa keluar ke peron orang-orang local udah siap bawa barang-barang mendekat ke rel. kereta belom Nampak sedikitpun. kiasu nih pikir saya.

ternyata….

 

ini kereta yang ke Nova Gorica. cuma 2 gerbong hahaha… rangkaian kereta paling pendek yang pernah saya naiki. kereta ini berhentinya di ujung stasiun dan cuma beberapa menit saja.

kedatangan dan keberangkatan kereta benar-benar tepat sesuai jadwal. interiornya kuno tapi bersih dan nyaman. entah ada toiletnya atau gak karena gak sempet cari. lama perjalanan kurang dari 2 jam dan saya terlalu asik dengan pemandangan indah diluar jendela.

 

Nova Gorica adalah kota kecil yang berbatasan dengan kota kecil lain yang namanya Gorizia yang masuk wilayah Italia.

ini foto garis perbatasan di depan stasiun kereta Nova Gorica.

dari depan stasiun Nova Gorica kita bisa naik bus ke stasiun kereta Gorizia. hari itu tgl 1 November hari libur peringatan All Saint’s day. saya gak ingat kalo jadwal transportasi umum di Eropa umumnya beda saat hari libur. lebih jarang gitu.

bukannya cepet2 nyari bus ke stasiun Gorizia saya malah nyante2 dulu di stasiun Nova Gorica sambil nulis catatan jalan2 *jaman itu masih rajin

pas sampe halte langsung lemas lihat jadwal bus untuk hari libur. the next bus datangnya 10 menit setelah jadwal kereta ke Venezia. mau naik taxi gak ada. mau telpon nomer taxi yg ada di halte dicoret-coret. nanya ke orang dibilang untuk nunggu bus aja karena telpon taxi gak mesti dateng. namanya kota kecil…

pas busnya dateng saya pusing lagi. beli tiket dimana??? bayar cash gak bisa. sama mas sopir ganteng (jelas! Italian gitu lhoh!) saya disuruh naik trus di halte berikutnya disuruh turun beli tiket di kios rokok.

sampe di stasiun eh loket tiket tutup. gak ada petugas stasiun. akhirnya saya nanya ke mas ganteng (again… Italian!) trus dijelasin kalo tiket yg saya punya itu open tiket jadi bisa dipake buat naik kereta jam berapa aja gak perlu beli lagi.