SERBIA – BEOGRAD (2)

Saya mengunjungi Beograd 2x. Yang pertama hanya 2 hari 1 malam trus lanjut naik kereta ke Sofia, Bulgaria. Trus lanjut ke Yunani dan Macedonia trus balik masuk lagi ke Beograd. Kok bolak-balik sih Bid? Ya ini sih karena saya nyari rute yang paling gampang transportnya. Kan waktu itu winter dan saya jalan sendirian dan selain itu duit juga sudah menitip kekekeke… jadi ya hasrat untuk menjelajah tempat-tempat terpencil lain ditahan dulu.

Kali kedua saya ke Beograd saya menginap di hostel Bongo. Ini hostel baru yang harganya lebih murah dari harga 2 hostel keparat yang saya inapi sebelumnya. Harga bed di kamar dorm di hostel yang pertama 9 euro. Yang kedua 10 euro. Nah di hostel Bongo cuma 7 euro. Tapi fasilitasnya jauh lebih keren. Hostelnya bersih banget. Kamarnya luas dan nyaman. Heater nya tok cer. Dan lantai kamar mandinya hangat!!! Mana staffnya ramah-ramah banget. Betah deh disitu.

Kalau kunjungan pertama saya naik kereta dari Budapest, Hungaria. Kunjungan kedua saya naik bus dari Skopje, Macedonia. Lokasi turunnya sama aja karena terminal bus dan stasiun utama letaknya sebelahan. Karena saya sudah lumayan paham dengan kota Beograd jadi walaupun hostel Bongo letaknya agak jauh dari terminal tapi saya PD kesana jalan kaki. Kalau teman-teman yang belum pernah kesana dan tidak punya peta sebaiknya naik taksi saja karena kalau tersesat mampus juga secara jalannya naik-naik ke puncak gunung.

Waktu masih di Skopje saya email hostel Bongo boleh check in pagi atau gak. Paginya gak tanggung-tanggung… jam 6 kekeke… eh tapi boleh lhooo… malah karena kamarnya kosong jadi saya langsung dianter masuk ke kamar sama mbak staff yang cantik banget. Trus karena pagi itu turun salju jadi saya nyante-nyate dulu gak langsung keluar jalan-jalan. Saya tanya ke si mbak tentang trasnport ke Timisoara, Romania. Dan si mbak langsung nawarin buat nelponin agen Gea Tours buat nanya jadwal ke Timisoara. ‘Soalnya jadwalnya ganti-ganti tiap hari.’ Kata si mbak. Siap mbak!! Makasih atas bantuannya.

Setelah salju mereda saya keluar hostel jalan menuju kuburan. Lho?! Kok kuburan?! Yah abis tempat wisata lain kan sudah saya kunjungi. Dan saya memang tertarik untuk melihat kuburan di negara lain. Kalau di Indonesia sih ogah pake banget!!! Dikuntit kunti tau rasa!

 

 

Lokasi kuburan terdekat kira-kira 40 menit jalan kaki dari hostel. Jauh ya?! Jauh sih tapi jadi lebih bisa tahu tentang Beograd. Nah sebenernya dekat kuburan tuh ada stasiun kecil yang katanya ada kereta ke Timisoara jadi dari kuburan saya langsung kesana untuk cari info. Tapi yang terlihat hanyalah keheningan dan kesepian… kagak ada orang samsek! Yasud saya putuskan untuk minta dibookingkan tiket Gea Tours.

Gea Tours apaan sih Bid? Ini adalah penyedia layanan jemput antar door to door di Serbia, Romania, Croatia, Hungaria, dan beberapa negara lainnya. Websitenya www.geatours.rs kalau mau kontak lewat email juga bisa. Kasih info mau dijemput dimana dan dianter kemana.

Ok… back to Beograd… Siang itu saya habiskan waktu untuk blusukan tak tentu arah. Biasa… nyari alasan untuk nyasar hahaha…

Abis itu mampir ke supermarket dekat hostel dan beli… INDOMIE!!! yes! Indomie… ada lhoh disana. Trus cuss balik hostel dan masak indomie. Mayan melepas rasa kangen sama makanan nasional kita kekeke… Siang itu di hostel mayan ramai. Staff hostel nawarin kami Rakiya/ Raki. Minuman beralkohol tradional sana. Rasanya enak. Alkoholnya nendang banget! Entah berapa persen kadarnya.

‘Kalau mau lagi… ambil aja. Ok?!’ kata mbak staff.

‘Siapppp!!!’

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *