ISTANBUL – HAGIA SOPHIA & HAGIA IRENE

Ini foto interior Hagia Sohia.

Dulunya adalah Gereja Orthodoks Yunani yang lalu dirubah jadi Masjid dan sekarang dijadikan museum. Saya masuk museum ini dengan Museum Pass, tiket terusan seharga 85 Lira yang dibeli di loket dekat gerbang masuk. Kalau suka dengan museum, saya sarankan beli pass ini karena jatuhnya akan jauh lebih murah dari pada beli tiket ketengan. Kalau cuma mau masuk Hagia Sophia aja sih bisa beli tiket ketengan 40 Lira.

 

 

 

Ini foto interior Hagia Irene. Dibangun sebagai gereja Orthodox tapi dipakai jadi gudang senjata ketika Istanbul (waktu itu namanya masih Konstatinopel) jatuh dalam kekuasaan kekaisaran Ottoman.

Sekarang bangunan ini kosong. Sayang… padahal bisa jadi museum yang cantik banget. Restorasi sih iya… tapi lamban.

Masuk sini bayar 20 Lira kalo ngeteng. Tapi kalo beli museum pass yang harganya 85 Lira masuk sini udah gak bayar lagi.

Perhatikan dasar tiap-tiap kolomnya. Beda-beda yes?! Entah kenapa.

 

 

 

 

Kalo yang ini foto Hagia Sophia kecil. Dulunya gereja Orthodox tapi sejak Istanbul dikuasai Ottoman bangunan ini diubah jadi masjid. Dan sampe sekarang masih jadi masjid. So kalo kesini hindari jam-jam sholat kecuali emang niat mau sholat.

Mau masuk sini gak bayar dan gak perlu pake kerudung kayak masuk Blue Mosque. Yang penting baju sopan dan jaga sikap aja.

Lokasinya kalo di peta sih keliatan deket ma Blue Mosque tapi kenyataannya mencil dan jalannya naik turun belak belok gituh.

Pas jalan ke tempat ini saya disapa cowok Turki yang bahasa Inggrisnya bagus banget.
‘I love Indonesia.’
‘Oh you’ve been to Indonesia?’
‘Yes! Batam.’
Zziinngggg…
‘Hhmmm…’
‘2 days in Batam. I loved it. I wanna go there again.’

Kalo 2 hari di Batam aja dia udah cinta… bisa-bisa dia gak mau pulang kalo ke kota-kota lain di Indonesia.