ECUADOR

 

Ini salah satu negara paling cantik di dunia… menurut saya lho yaaaa… Kecantikannya imbang sama Swiss dan Jepang. Selain cantik pemandangannya, cantik pula perilaku penduduknya. Soal ekonomi sih sebelas duabelas lah sama Indonesia tapi sarana prasananya ajegile!! TOP BGT!!

Foto diatas adalah foto terminal bus di Cuenca. Saya naik bus Super Semeria untuk cross border ke Peru. Layanan bus ini paling rekomended untuk cross border karena sopirnya akan nunggu sampai semua penumpang selesai dengan urusan imigrasi dan kembali naik bus. Kesaksian traveler yang saya temui tentang bus lain memprihatinkan banget. Ada yang ditinggal gitu aja di border tanpa tau apakah ada bus lain yang bisa mengangkut mereka sampai tujuan. Selain soal urusan tunggu menunggu di border, saya rekomen bus ini karena service nya yang memuaskan. Staff di terminal ramah dan helpful banget. Mau nitip ransel juga bisa dan akan disimpan di ruang khusu yang aman. Jadwal dan harga jelas tertulis di papan jadi gak ada cerita turis kena ketok harga. Sopir dan kondektur juga ramah-ramah. Dan yang jelas nyetirnya gak ugal-ugalan.

Sebenernya semua bus yang saya tumpangi selama jalan-jalan cantik di Ecuador keren semua sih. Walau staff gak bisa bahasa Inggris tapi semua mau membantu kalo kita ada masalah. Oh ya yang keren lagi tiap mau naik bus pasti didata dulu identitas penumpangnya. Kalau penumpang local ditanya aja dan kondektur yang nulis di bukunya. Kalau turis biasanya diminta nulis sendiri.

Jalan-jalan di Ecuador (dan juga Peru) saya saranin naik bus aja. Pemandangan alamnya ajegile indahnya. Trus… murce!! Itungan kasarnya tuh harga tiket diitung sesuai lama perjalanan. 1 jam perjalanan biasanya 1 USD. Plus tax terminal yang sekitar 20 cent. Nah soal tax ini juga keren… ada yang langsung bayar pas beli tiket di loket dan ada juga yang dengan masukin receh ke gate untuk masuk ke area ‘boarding’. Sistemnya kayak di bandara.

Kalau ada pejabat Indonesia yang mau studi banding soal transportasi… gak usah jauh-jauh… ke Ecuador aja. Cuma cukup terbang separo bumi aja kok.