SERBIA – BEOGRAD (1)

Patung Pobednik. The Victor.

 

Gara-gara tertahan di border jadinya saya sampai Beograd larut malam. Sekitar jam 11 kalau gak salah. Untungnya booking hostel yang deket sama stasiun. Agak deg-deg-an sih sebenernya secara kan Serbia gitu lhoh… malem angker. Ternyata gak lhoh! Emang sih gelap karena lampu juga kesannya ala kadarnya. Tapi jalanan masih rame. Padahal waktu itu winter. Dan banyak perempuan jalan sendirian dan kayaknya sih bebas-bebas aja gitu. Dan selama saya disana kemana-mana sendirian juga gak ada tuh yang iseng suit-suit atau nyolek.

Hostel yang saya book lokasinya gampang ditemukan. Tapi itu ternyata cuma reception nya aja. Kamar-kamarnya di gedung lain. Gak jauh sih tapi kan rempong. Mana letaknya di lantai 3 dan pilihan naiknya antara lift rawan macet atau tangga gelap. Ngenes banget deh hostel itu.

Maaf yes saya lupa nama hostelnya secara ini trip udah 3 tahun lalu kekeke…

Temen-temen hostel asik-asik sayang fasilitasnya gak asik. Masa tempat tidur tingkat (bunk bed) kok yang atas rendah banget sampe saya duduk tegak di bed bawah aja gak bisa. Trus handuk yang dikasih staff ada baby coro nya. Kalau mandi kita mesti liatin floor trap dan jaga jangan sampai air mbludak keluar kamar mandi. Malam itu saya langsung sibuk cari hostel lain.

Dan… hostel kedua yang saya book jauh lebih ngenes dari yang pertama. Kamarnya apek, staff gak helpful. Saya dicuekin karena dia lagi diapelin pacarnya. Jadi begitu naruh ransel saya langsung cuss jalan-jalan dan balik malem.

Berbekal peta yang saya dapet dari hostel pertama saya jalan kaki ke tempat-tempat wisata di Beograd. Yang pertama saya kungjungi adalah Kalemegdan Fortress alias (bekas) benteng Kalemegdan. Patung Pobednik di foto di atas ada di fortress ini. Tadinya saya pikir mau sebentar aja disana. Eh lha kok ada pameran tentang perang dunia ke II. Tenggelam saya keasikan baca dan lihat foto-foto yang dipajang. Entah berapa jam habis cuma buat baca-baca.

 

Puas di pameran saya muter-muter fortress. Sekalipun cuaca super dingin tapi fortress mayan ramai. Foto dibawah ini adalah King’s Bridge. Salah satu jembatan kecil di dalam kompleks benteng. Kotak-kotak yang seperti bata itu aslinya kayu lho. Keren yah… sayang mumbul. Apa karena terpapar cuaca panas dingin ekstrem?

 

King’s bridge.

Kalau foto yang dibawah ini adalah bekas gedung Kementrian Pertahanan yang kena bom pas jaman perang. Saya tahu kalau ini tempat bersejarah karena tulisan di peta. Kalau bukan karena itu saya ngiranya ini gedung lama yang dihancurkan untuk dibangun gedung baru.

 

 

 

Abis dari kedua tempat itu… eh ke 4 ding… kan lokasi bekas bom nya ada 3. Abis dari tempat-tempat itu saya jalan ke pusat kota. Tepatnya di daerah sekitar Republic Square. Kalau mau nyari souvenir disana banyak kios-kios souvenir. Lucu-lucu banget dan murah-murah. Tapi karena saya masih harus lanjut traveling ya jadi ya cuma beli 1 souvenir aja. Biasanya sih saya nyari sendok hiasan yang ada tulisan nama negara atau kotanya tapi di Beograd gak nemu. Jadi cuma beli magnet kecil yang unik. Unik karena dibuat dari rajutan benang dan dikasih lambang negara Serbia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *